Olahraga Bola Tangan, Ini Kesehatan Yang Didapat








BOLA TANGAN (HANDBALL) adalah olahraga beregu di mana dua regu dengan masing-masing 7 pemain (6 pemain dan 1 penjaga gawang) berusaha memasukkan sebuah bola ke gawang lawan. Permainan ini mirip dengan sepakbola, tapi cara memindahkan bola adalah dengan tangan pemain, bukan kaki. Handball merupakan Olahraga yang menggunakan tangan untuk memantulkan melempar dan memukul bahkan memasukan Bola kedalam gawang, olahraga ini diyakini merupakan gabungan dari Olahraga Basket dan Olahraga Futsal karena untuk peraturan permainan hampir sama dengan Futsal sedangkan untuk anggota tubuh yang digunakan hampir sama dengan Basket.
Handball (Bola Tangan) merupakan Olahraga yang telah berusai sangat tua karena menururt sejarah Permainan Handball ini mulai dimainkan pada saat Zaman Yunani Kuno, karena kaum laki-laki pada saat itu lebih mahir menggunakan tangan dibandungkan dengan menggunaka kaki untuk mermukul dan memainkan bola, sebagaimana sumber sejarah mengatakan bahwa permainan Hand Ball ini lebih dulu dikenal dari Permainan Sepakbola, pada saat itu pemainan Hand Ball ini belum menggunakan Peraturan yang baku akan tetapi semua itu merupakan cikal bakal terlahirnya permainan Hand Ball (Bola Tangan) Modern.
Pada tahun 1974 mulai dibentuk Federasi Bola Tangan Asia ( Asian Handball Federation) dan dikukuhkan secara resmi di Kuwait, dan Induk Bola Tangan Indonesia adalah ABTI (Asosisasi Bola Tangan Indonesia). dan di indonesia pada ajang PON ke II Bola tangan mulai dipertandingakan walaupun dengan peserta dari 4 daerah yaitu jakarta, Jawabarat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

 akan tetapi pada saat ini Hand Ball / Bola Tangan Mulai diperkenalkan pada Siswa dan Mahasiswa di sekolah-sekolah sehingga akan memberikan pengenalan dan pemahaman bahkan pada saat ini mulai diadakan pertandingan Kejuaraan antar Sekolah / Universitas diindonesia.   
Mungkin dari sebagian besar masih belum mengenal olahraga bola tangan (handball) maka dari itu permainan ini tidak sepopuler permainan futsal ataupun basket yang ada diindonesia, tetapi hampir sekerang-sekarang ini permainan handball mulai diperkenalkan dan agar tujuan permainan bola tangan (handball) bisa sepopuler futsal.
Mengapa kamu menyukai permainan bola tangan (handball) “Saya menyukai permainan handball atau bola tangan karena pernainan handball ini sangatlah begitu mudah kita mainkan,dan mungkin permainan bola tangan tidak sesulit permainan futsal yang memang harus banyak mempunyai teknik-teknik yang benar-benar memerlukan latihan yang rutin, tetapi di permainan bola tangan itu mungkin lebih sedikit yang harus kita miliki dan permainan bola tangan ini handball sebetulnya adalah dari pariasi permainan futsal ataupun basket, oleh karena itu kita semua sangat meyukai permainan ini,”
Bagaimana cara kamu untuk latihan dasar bola tabgan (handball)” Sebetulnya cara latihan handball tidaklah sulit, hampir semua latihannya sama dengan latihan futsal ataupun basket, ada beberapa latihan dasar seperti latihan passing, latihan shoting, latihan fisik dan adapun latihan kordinasi.”paparnya (Juan)
Adapun peralatan yang harus ada yaitu Lapangan bola tangan berukuran 40 m x 20m dengan garis pemisah di tengah dan gawang di tengah kedua sisi pendek. Di sekeliling gawang dibuat garis untuk menandai daerah yang hanya boleh dimasuki penjaga gawang. Bola yang digunakan lebih kecil dari bola sepak yaitu size 3,2 dan 1. Handball dimainkan selama 2 x 30 menit. Penalti dilakukan dari jarak 7 meter. Handball juga dipertandingkan di Olimpiade. Handball adalah permainan yang menarik dimainkan di lima benua dengan lebih dari 180 negara dan 19 juta orang dari segala usia, di seluruh dunia. Pertama kali diperkenalkan sebagai olahraga luar ruangan selama Olimpiade Musim Panas Pada 1939, sejak itu olahraga handball dalam ruangan sudah ada dalam program Olimpiade sejak tahun 1972.
Apa harapan kamu kamu untuk permainan bola tangan (handball)” Harapan saya untuk permainan bola tangan (handball) ini haruslah dimajukan dan adapun diperkenalkan secara luas khususnya di Indonesia agar nantinya para atlet-atlet yang perkecimpung di olahraga bola tangan (handball) bisa mempunyai prestasi yang lebih baik lagi adapun pihak-pihak yang terkain selalu membantu demi Negara Indonesia khususnya di dunia olah raga agar bisa maju dan adapun juga agar permainan handball ini bisa sepopuler permainan yang lain seperti futsal dan harus ada kompetisi yang bener-benar terstruktur agar nantinya timbullah bibit-bibit atlet di bidang permainan bola tangan (handball).”

Penulis : Lutfan Fadillah
Share on Google Plus

About Unknown

1 komentar: